Kamis, 02 Desember 2010

Universitas Muhammadiyah Malang Tambah Satu Doktor Sosiologi

Malang- Kepala Program Studi Magister Sosiologi UMM, Vina Salviana DS, Selasa (30/11/2010), berhasil mempertahankan disertasinya berjudul “Makna ideologi politik aliran dan ideologi patriarkhi bagi politisi perempuan dan Malang Raya”. Di depan majelis ujian terbuka Program Doktoral Uneversitas Airlangga, Surabaya, Vina dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Dalam Ujian Terbuka yang dipimpin Prof. Dr, Hotman Siahaan, Vina nampak percaya diri dalam mempertahankan disertasinya. Semua pertanyaan dewan penguji dan penguji akademik dijawabnya dengan mantap. Disaksikan sekitar 100 koleganya, termasuk PR II, Drs. Mursidi, MM, Vina mengaku lega setelah lima tahun menjalani studi akhirnya tuntas. “Alhamdulillah, sebuah proses panjang sudah saya lalui. Terima kasih atas doa dan dukungannya,” katanya usai dinyatakan lulus.

Dalam penelitian disertasi yang dilakukan selama setahun, Vina memperoleh kesimpulan, perempuan saat ini berada di persimpangan jalan antara sebagai subyek (self) dan liyan (other). Di satu sisi, perempuan dikungkung oleh politik aliran, di sisi lain tak bisa lepas dari budaya patriarkhi.

“Meski demikian, perempuan sebenarnya bisa menunjukkan eksistensinya sebagai politisi tanpa harus dikungkung oleh politik aliran dan budaya patriarkhi. Perempuan bisa mengoptimalkan pemikirannya tanpa harus dibedakan secara gender,” ungkap Vina.

Vina dikenal memiliki pengalaman akademik yang kuat, sejak menjadi ketua jurusan Ilmu Kesejahteraan hingga menjadi dekan FISIP UMM. Sebelum menjabat sebagai Kaprodi Magister Sosiologi, Vina sempat menjadi kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) UMM

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Yang Anda Berikan..

Kritik dan Saran Anda Akan Membantu Kami Menjadi Lebih Baik Lagi..