Minggu, 12 Desember 2010

Atasi Air Bersih, Dosen UM Sumatera Barat Ciptakan Mesin Penjernih Air

Padang- Air bersih selalu menjadi masalah sewaktu terjadi bencana, apalagi di Kampus Pusat UMSB di Jl. Pasir Kandang 4, Padang, sangat membutuhkan air untuk, asrama, perkantoran dan mesjid. Demi mengatasi krisis air bersih, salah seorang dosen Fakltas Teknik Ir. Trisna Putra, MT menciptakan mesin penjernih air untuk lingkungan kampus pusat UMSB.

Menurut Trisna Putra, ide ini muncul karena banyaknya sumber air yang sebenarnya bisa dimanfaatkan, tetapi mempunyai kualitas yang tidak layak dikonsumsi. Pada sisi kiri gedung kampus UMSB, terdapat bekas kolam ikan yang volume airnya sangat banyak, dengan permukaan yang luas. Air kolam ini bias dimanfaatkan dengan cara disedot untuk pada akhirnya dapat dijernihkan.

Lebih lanjut Trisna mengungkapkan, dengan zat kimia tertentu  molekul dan partikal didalam air dapat diikat dan dipisahkan, sehingga air kolam yang pada awalnya tidak layak menjadi layak konsumsi. Alat yang dirancang Dosen Teknik Jurusan Mesin tersebut, dapat menghasilkan air jernih layak konsumsi sebanyak 8 galon/menit. Sehingga masalah air dikampus pusat UMSB menjadi teratasi dan penggunaan air PDAM menjadi sangat berkurang. (umsb.ac.id) (mac)

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Yang Anda Berikan..

Kritik dan Saran Anda Akan Membantu Kami Menjadi Lebih Baik Lagi..